Text Size

Login area

Please register on our site, so you can use it optimally to various menus are available. Your profile our confidentiality guarantee its safety.

Setting e-Mail pada account Yahoo! atau GMail di Ms.Outlook 2003

 

Anda pasti pernah dengar tentang Outlook Express, sebuah program email client dari Microsoft yang sangat terkenal khususnya di dunia perkantoran. Jika anda bekerja di sebuah perusahaan, hampir dapat dipastikan anda akan bergaul dengan software satu ini. Memang enak menggunakan Outlook Express untuk menerima dan mengirim email di rumah atau di kantor. Hanya saja kita perlu mengetahui konfigurasi POP server dan SMTP server dari email server yang kita gunakan, agar bisa kita set di Outlook nantinya.

Kalau untuk alamat email-email ‘kantor’ yang mempunyai terregistrasi dengandomain sendiri misalnya: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it , tentunya sudah bukan masalah lagi, karena sudah tersedia informasi seputar POP server, SMTP Server yang bisa digunakan untuk melakukan setting di Outlook, lagipula biasanya sudah di handle oleh orang IT nya. Nah, kalau anda ingin email Yahoo! atau GMail anda di baca lewat aplikasi Outlook, itu juga bisa dilakukan sendiri. Tertarik? Silahkan ikuti tutorial singkat di bawah ini.

 

Berikut ini adalah cara Setting Microsoft Outlook 2003 untuk Yahoo! mail Regional Country of INDONESIA :

  1. Pastikan account anda adalah account yahoo lokal contoh: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it (penting), bukan yang yahoo.com, untuk yg yahoo.com harus ada tambahan software sebagai gatewaynya namanya YPops.
  2. Login ke Yahoo mail anda, klik ‘Opsi’ yang ada di pojok kanan atas, lalu klik ‘akses penerusan surat’, lalu checklist bagian ‘Akses Web & POP’, lalu klik ’simpan’.
  3. Buka Outlook Express, Klik Tool -> Accounts -> Mail – lalu klik Add -> mail untuk membuat account.
  4. Masukkan nama anda, nama ini akan digunakan sebagai nama pengirim di setiap email yg anda kirim.
  5. Masukkan alamat email yahoo anda. ingat, yg .co.id bukan yang .com
  6. Isi Incoming mail… dengan : pop.mail.yahoo.com
  7. Isi Outgoing mail… dengan : smtp.mail.yahoo.com, klik NEXT.
  8. Account Name : isi dengan Yahoo ID anda tanpa embel-embel @yahoo.co.id (cukup yahoo ID nya saja). contoh : email address anda adalah This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it -> berarti yahoo ID nya adalah "emailku".
  9. Masukkan password yahoo anda, dan checklist bagian ‘remember password’. Klik NEXT, dan FINISH.
  10. Pilih Account yg baru saja anda buat, lalu klik properties. Pilih Tab ‘Servers’ dan checklist bagian ‘My server requires authentication’, Klik OK. (Done.. )
Sekarang, coba klik Send/Receive untuk mendownload email atau men-check apakah ada email yg masuk atau tidak.
 
 
 
Berikut ini adalah cara Setting Microsoft Outlook 2003 untuk Yahoo! mail :
 
Cara untuk men-setting account Yahoo! mail yang bukan beralamat di server lokal Indonesia ( This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it ) maka terlebih dahulu anda harus mendownload aplikasi YPOPs, klik di sini untuk download aplikasi freeware tersebut. Software tersebut berfungsi untuk dapat mendownload atau menarik isi email Yahoo! (etc: .com, .uk, or .id) yang anda miliki ke dalam sebuah e-mail client yang dalam tulisan ini menggunakan aplikasi Microsoft Outlook 2003.
 
Setelah anda meng-unduh YPOPs!, langkah selanjutnya adalah meng-instalkannya ke dalam komputer atau notebook anda, dengan step NEXT – NEXT (tidak usah melakukan setting apa² terlebih dahulu). Setelah YPOPs! terinstall maka akan terdapat icon tray yang menandakan bahwa YPOPs! aktif dan siap untuk meng-unduh file–file e-mail pada account  Yahoo! mail anda. Untuk anda yang menggunakan PROXY Server anda harus men-set bagian ‘Proxies’ dengan cara meng-klik kanan icon tray YPOPs! ‘Configure’, isikan sesuai dengan konfigurasi PROXY Server anda.
 
Setting selanjutnya adalah :
  1. Aktifkan aplikasi Microsoft Outlook 2003 pada komputer atau notebook anda
  2. Pilih option ‘Tools’ -> ‘Email Accounts’
  3. Pada pilihan radio button, pilih ‘Add new e-mail account’ -> Next
  4. Pilih opsi radio button ‘POP3′ -> Next
  5. Pada bagian ‘User Information’ isikan Nama yang sesuai dengan Yahoo! mail account dan e-mail address Yahoo!
  6. Pada bagian ‘Bagian Server Information’ isikan : ‘Incoming mail server (POP3) dengan '127.0.0.1′, dan isikan juga Outgoing mail server dengan ‘127.0.0.1
  7. Pada bagian ‘Logon Information’ isikan ‘User Name’ dengan id Yahoo! (etc: saya_01), dan password e-mail Yahoo!
  8. Lalu klik tombol ‘More settings’
  9. Pada tab ‘Advance’ besarkan ‘Server Timeouts’ sampai dengan 10 minutes
  10. Pada tab ‘Outgoing Server’ berikan tanda centang ‘My outgoing server (SMTP) requires authentification’, dan pilih radio button ‘Use same settings as my incoming mail server’ -> klik OK
  11. Tes account setting dengan mengklik tombol ‘Test Account Settings’, apabila semua status ‘Completed’ maka anda sudah dapat meng-unduh semua file yang ada di Yahoo! e-mail
  12. Klik tombol Finish


Catatan :

YPOPs! akan menarik semua e-mail yang ada pada Yahoo! mail anda, sehingga ketika anda login melalui browser / online check mail (mail.yahoo.com), semua e-mail akan otomatis hilang dan pindah ke dalam komputer.
 
 
Setting Microsoft Outlook 2003 untuk account email anda di GMail :
  1. Aktifkan settingan POP di Gmail anda.
  2. Buka Outlook Express.
  3. Isi Incoming mail… dengan : pop.gmail.com
  4. Isi Outgoing mail… dengan : smtp.gmail.com
  5. Isi account name dengan alamat email lengkap dengan embel-embel @gmail.com contoh : This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it
  6. Klik Tool -> Accounts -> Mail. Pilih Account anda lalu klik Properties
  7. Pilih bagian Advanced.
  8. Isi kolom Outgoing…(SMTP) = 465 dan checklist “This server…(SSL)”
  9. Isi kolom Incoming…(POP3) = 995 dan checklist “This server…(SSL)”
  10. Pilih Account yg baru saja anda buat, lalu klik properties. Pilih Tab ‘Servers’ dan checklist bagian ‘My server requires authentication
  11. Klik OK. (Done.. )


Add comment


Security code
Refresh